Tuesday, November 12, 2013

JAMAN EDAN

0 comments
AMENANGI JAMAN EDAN
EWUH AYA ING PAMBUDI
MELU EDAN ORA TAHAN 
YEN TAN MELU ANGLAKONI 
ORA KADUMAN MILIK 
KALIREN WEKASANIPUN
NDILALAH KERSANING ALLOH
BEJO - BEJANING KANG LALI
ISIH BEJA KANG ELING LAWAN WASPADA 

     Syair satu bait diatas ditulis oleh  Rnggo Warsito Pujangga Agung  dari Keraton Surakarto Hadiningrat yang tertulis dalam buku Serat Kalatida .
      Secara umum dapat kami fahami maknanya sbb;
Kita dimasa sekarang ini telah diprediksi oleh Sang Pujangga akan hidup dimasa - masa norma hukum diabaikan , publik yang mengambil keputusan , sehingga lebih banyak subyektifitasnya jika dibanding   fakta obyektifnya.Membuat kita sering salah dalam menilai seseorang karena gencarnya opini publik.
      Jika kita  berpijak pada norma akan terasing dari pergaulan terasa menggenggam bara api , mau mengikuti arus tidak sesuai dengan nurani. Jika  tidak mengikuti pola pikir  mereka ,kita akan selalu dicari celah kesalahan   sekecil apapun kesalahn itu . Pada akhirnya kita tidak akan mendapatkan pembagian seperti mereka sepakati. Numun semuanya akan kembali pada kuasa Illahi . Yang terpenting kita dapat mengambil suatu hikmah yang terjadi ,jika berbuat kebaikan Tuhan menuntun kita untuk bersyukur, jika kita berbuat kesalahan Tuhan membimbing kita melalui pintu tobat, jika kita diberi harta sedikit lebih Alloh membuka jalan untuk bersedekah begitu pula jika kita diberi sedikit cobaan berarti Alloh membing kita untuk berlatih kesabaran.Janganlah kita menjadi orang yang lupa pada Alloh . tetapi selalu maha mensucikan Alloh kapan saja dan dimana saja.Lebih dari yang surat diatas Radeb Mas Ronggo Warsitao mengingatkan pada kita sbb.
BESUK YEN ANA DALAN KEMBAR BAKAL ANA KEDADEAN
WONG WADON ILANG WIRANGE , PASAR ILANG GUMRENGGENGE ,KALI ILANG KEDUNGE
WONG LANANG LALI ONTONG ELING DLONDONG , PADA KAPILUT  ING
  1. GEBYARING WENTIS KUNING 2. KUMRINCINGING DOLAR 3. KUMLOBAKING IWAK ING SENDANG.
                                                                                                   DAMPIT ,10 NOV 2013


0 comments:

Post a Comment