Thursday, March 5, 2009

Tentang Kami

0 comments


SMP NEGERI 1 DAMPIT


Identitas Sekolah          
o    Nama Sekolah                 : SMP NEGERI 1 DAMPIT
o    Nomor Statistik Sekolah  : 201051818171
o    Alamat                             : Jalan Gunung Jati No. 33
                                              Kelurahan Dampit, Kecamatan Dampit
                                              Kabupaten Malang
o    Nomor Telepon                : (0341) 896410
  
VISI SEKOLAH :
Unggul dalam prestasi berdasarkan nilai keimanan dan budaya bangsa
Indikator:
1.       Unggul dalam SDM pendidik dan tenaga kependidikan
2.       Unggul dalam proses pembelajaran dan penilaian
3.       Unggul dalam pengelolaan sarana dan prasarana sekolah.
4.       Unggul dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
5.       Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
6.       Unggul dalam peningkatan perolehan NUAN dari tahun ke tahun
7.       Unggul dalam lomba kreativitas seni
8.       Unggul dalam lomba olahraga
9.       Unggul dalam budaya sopan santun
10.   Unggul dalam kegiatan sosial
11.   Unggul dalam kegiatan keagamaan
12.   Unggul dalam mengelola manajemen sekolah
13.   Unggul dalam pengembangan pembiayaan pendidikan
14.   Unggul dalam manajemen  keuangan sekolah
15.   Unggul dalam pengembangan sistem penilaian  
  
MISI SEKOLAH :
      Menciptakan anak didik yang beriman dan bertaqwa dengan dibekali ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan teknologi. Untuk mewujudkan visi yang telah dirumuskan di atas, maka misi yang harus dilakukan oleh sekolah adalah mencapai indikator sebagai berikut :
1.   Pencapaian Standar Isi  :
a.   Mewujudkan perangkat kurikulum yang memenuhi standar isi mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi ilmu pengetahuan yang telah digariskan oleh BSNP sehingga SMP Negeri 1 Dampit dapat menghasilkan lulusan beriman bertaqwa; berbudi pekerti luhur; bertanggung jawab dan disiplin di dalam bersikap dan bertindak; sehat jasmani dan rohani, menguasai ilmu pengetahuan, terampil menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
b.   Berusaha mencapai standar mutu pendidikan nasional  dengan memanfaatkan secara optimal sarana dan prasarana yang ada  dan disesuaikan dengan kondisi siswa.

2.  Pencapaian Standar Proses Pendidikan.
a.  Mewujudkan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi serta memberi ruang yang cukup bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik, misalnya dengan menerapkan  PAKEM dan CTL, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
b.   Berupaya mencapai standar penilaian sesuai dengan standar mutu pendidikan nasional dengan mewujudkan sistem penilaian proses dan produk secara optimal.
c.   mewujudkan layanan bimbingan dan konseling yang mendukung penciptaaan lingku belajar yang kondusif;

 3. Pencapaian Standar  Kelulusan
a.   menyelesaikan seluruh program pembelajaran;
b.   memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran, kelompok mata pelajaran, dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;
c.   lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
d.  lulus ujian nasional
  
4.   Pencapaian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a.   mewujudkan tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmanai dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional;
b.   menumbuhkan semangat berkompetensi, berdedikasi tinggi, dan berdisiplin di kalangan pendidik dan tenaga kependidikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif; dan
c.   menumbuhkan semangat bekerja yang berorientasi pada standar mutu yang baik.

5.   Pencapaian Standar Sarana Prasarana / Fasilitas Sekolah.
a.   mewujudkan fasilitas sekolah yang menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan sekolah; dan
b.   mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif  dalam bekerja dan belajar.
c. mewujudkan fasilitas kantor sekolah yang representative dan memadai.

6.   Pencapaian Standar Pengelolaan.
a.   mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas yang efektif dan efisien;
b.   mewujudkan organisasi sekolah yang tangguh;
c.   melaksanakan manajemen partisipatif sehingga terjalinnya hubungan yang harmonis antara warga sekolah, orang tua, dan lingkungan sekitarnya; dan
d.  mewujudkan kelembagaan sekolah yang bersih dan berwibawa.

      7. Pencapaian Standar Pembiayaan Pendidikan
a.  mewujudkan pembiayaan pendidikan terdiri atas biaya investasi, biaya operasi, dan biaya personal;
b. menggali sumber dana pendidikan dari sumber-sumber potensial dan tidak melanggar undang-undang; dan
c. mewujudkan pemanfaatan dana pendidikan secara wajar dan adil.

     8.  Pencapaian Standar Penilaian.
a.         Melaksanakan penilaian hasil belajar terdiri atas penilaian proses dan penilaian produk.
b.        Melaksanakan penilaian yang otentik dan  akuntabel

     9. Pencapaian Standar Lingkungan
a.         Mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif dengan melaksanakan 7 K (ketertiban, keamanan, kebersihan, keindahan, kerindangan, kesehatan, dan kekeluargaan)
b.        Mewujudkan budaya sekolah sopan santun dengan menerapkan 4 S (senyum, sapa, salam, salim)
c.         Mewujudkan budaya religius dengan melaksanakan kegiatan istighosah dan yasinan rutin(untuk yang beragama Islam) dan Kebaktian (untuk yang beragama Nasrani), melaksanakan peringatan hari-hari besar keagamaan.
d.        Mewujudkan budaya kepedulian sosial dengan melaksanakan perkoperasian, bakti sosial, kunjungan, silaturahmi, anjangsana takziah, dll.       

0 comments:

Post a Comment