Tuesday, January 15, 2013

KANKER PAYUDARA

0 comments
Pada dekade pertama abad ke-21, para peneliti menemukan adanya hubungan antara jenis makanan dengan kanker payudara. Jenis makanan/minuman tertentu seperti daging, lemak, alkohol, kafein, dan produk kedelai disebut-sebut sebagai jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker payudara.

Beberapa ahli sepakat bahwa kanker payudara seperti halnya jenis kanker lainnya disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, termasuk di dalamnya adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang sulit dicerna tubuh dan menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak biasa.


Tapi meskipun demikian, para peneliti juga menyebutkan bahwa tidak ada makanan tunggal yang terbukti secara langsung menyebabkan kanker payudara.

Oleh karenanya para wanita disarankan untuk menjalani gaya hidup yang sehat dan menghindari atau mengurangi mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat memicu kanker payudara.

Berikut ini beberapa jenis makanan penyebab kanker payudara sebagaimana dikutip dari American Cancer Society.

Alkohol
Menurut American Cancer Society, kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan minuman keras akan meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Bahkan, ACS menyarankan bahwa wanita-wanita yang rentan terhadap kanker payudara agar menahan diri dari minuman beralkohol. Jangan mengkonsumsi lebih dari satu gelas minuman beralkohol setiap hari. Bahkan dengan hanya meminum beberapa gelas alkohol setiap minggu sudah dapat menyebabkan kanker payudara di usia tua. 1,5 ons minuman keras, 5 ons gelas anggur, dan 12 ons bir setara dengan satu gelas minuman beralkohol.

Kafein
Ada anggapan yang menyebutkan bahwa minuman berkafein, seperti kopi adalah salah satu penyebab kanker payudara. American Society menyatakan bahwa pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Kafein, tidak menyebabkan kanker tetapi meningkatkan resiko tumor payudara jinak (non-kanker), atau dikenal juga dengan sebutan benjolan fibrokistik.

Lemak
Diet tinggi lemak, terutama lemak jenuh adalah jenis makanan yang menyebabkan kanker payudara. Menurut Cancer Research UK, meskipun resikonya kecil tapi diet yang tinggi lemak mengandung lebih banyak kalori, yang cenderung menyebabkan obesitas atau kegemukan yang secara langsung dapat dikaitkan dengan kanker payudara.

Daging
Menurut Cancer Research UK, jenis daging dan cara memasaknya adalah faktor-faktor pencetus kanker payudara, apalagi  jika dikonsumsi secara berlebihan. Daging merah, seperti daging sapi, dan daging yang digoreng adalah penyebab kanker payudara. Disarankan untuk mengkonsumsi daging putih seperti daging ikan dan dada ayam.

Kedelai
Makanan dari kedelai merupakan alternatif makanan yang terbuat dari hewan. Tapi American Cancer Society memperingatkan bahwa mengkonsumsi produk kedelai dalam jumlah yang banyak dari waktu ke waktu dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Hormon estrogen-phytochemical, yang ditemukan dalam kedelai disebut-sebut berkaitan dengan tumbuhnya sel kanker payudara. Wanita yang sudah memiliki kanker payudara harus menghindari produk kedelai, karena dapat memperburuk kondisi mereka.

 
Pencegahan dan Solusi Kanker Payudara

Gejala kanker payudara sulit di deteksi sejak dini dan kebanyakan baru ketahuan setelah sel-sel kanker telah menyerang organ tubuh yang lain sehingga sulit di sembuhkan. Pengobatan kanker payudara dilakukan dengan pembedahan dan kemoterapi yang berdampak negatif secara fisik dan mental bagi para wanita penderita.

Untuk itu, hal terbaik yang harus dilakukan seorang wanita untuk melindungi dirinya dari kanker payudara adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat, termasuk diet yang baik dan olahraga yang cukup. Jenis makanan tertentu telah terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara seperti produk susu rendah lemak, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, dan mengkonsumsi makanan dengan serat yang tinggi.

Terlalu gemuk juga tidak baik bagi kesehatan dan mempertinggi resiko terkena kanker payudara. Menurut Cancer Research UK, obesitas atau kegemukan memiliki kaitan yang erat dengan kanker payudara. Wanita yang memiliki berat badan berlebih dianjurkan untuk menurunkan berat badan untuk membantu mencegah kanker payudara, dan masalah kesehatan lainnya.
VIVAnews | seksualitas.net
{mooblock=Gejala Kanker Payudara}
Kanker payudara seperti jenis kanker lainnya dimulai dari sebuah sel yang tumbuh dan berkembang biak diluar kendali. Ukuran sel kanker sangat kecil sehingga sangat sulit dideteksi ketika masih berada di tahap awal. Untuk itu ahli medis telah menciptakan sebuah alat bernama Mammogram, alat ini dapat mendeteksi kanker payudara bahkan sebelum penderita merasakan adanya benjolan.
Benjolan pada payudara terbagi atas benjolan jinak dan ganas. Dengan melakukan pemeriksaan Mammogram tahunan maka dapat diketahui jenis benjolan mana saja yang berbahaya sehingga tindakan medis dapat segera diambil.
Gejala klasik kanker payudara adalah munculnya benjolan di payudara atau di ketiak. Tipe paling agresif penyakit ini adalah Inflammatory Breast Cancer (IBC), dimana sel kanker tumbuh dalam lembaran atau sarang sel tumor yang menyerang kulit dan dapat menimbulkan ruam.
Lakukan pemeriksaan pribadi atau Breast Self-Exam (BSE) setiap saat agar anda familiar dengan tekstur, siklus perubahan, ukuran dan kondisi kulit payudara anda. Deteksi dini adalah cara terbaik untuk melindungi kesehatan dan meningkatkan peluang anda bertahan hidup. Jika anda ragu dengan hasilnya, anda bisa mengunjungi klinik untuk pemeriksaan Clinical Breast Exam (CBE).

Gejala-Gejala Yang Bisa Dirasakan Oleh Penderita Kanker Payudara

Untuk memastikan sebuah kanker adalah kanker payudara harus dilakukan diagnosa oleh tenaga medis. Tapi meskipun demikian, penderita secara fisik bisa merasakan tanda-tanda kanker payudara dengan melihat dan merasakan langsung perubahan di dalam dirinya. Berikut ini beberapa gejala kanker payudara yang mungkin dirasakan oleh penderita:
  • Muncul benjolan di payudara
  • Pembengkakan di ketiak
  • Bentuk puting berubah (kadang masuk ke dalam atau mengeluarkan cairan atau darah)
  • Terasa sakit di puting
  • Payudara terasa panas dan bengkak
  • Luka pada puting susu
  • Gatal-gatal pada daerah sekitar puting

Beberapa Gejala Advanced (metastatik) Kanker Payudara

Kanker payudara metastatik adalah kondisi dimana sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain selain payudara dan kelenjar getah bening ketiak. Tahap ini adalah tahapan paling berbahaya. Adapun gejala atau ciri-ciri kanker payudara metastatik yang biasa muncul adalah:
  • Nyeri tulang (metastase tulang)
  • Sesak napas (metastasis paru-paru)
  • Penurunan nafsu makan (metastasis hati)
  • Kehilangan berat badan yang tidak disengaja (metastasis hati)
  • Sakit saraf sakit kepala, atau kelemahan (bisa metastase otak)

Inflammatory Breast Cancer (IBC) – Gejala Agresif dan Tidak Biasa

Salah satu jenis kanker payudara yang tidak muncul dalam gumpalan disebut Inflammatory Breast Cancer (IBC). Kanker ini secara agresif tumbuh dalam lembaran bukan benjolan, dan menyerang kulit yang berada di dekatnya, kadang menyerupai ruam. Kanker jenis ini tidak akan merespon obat-obatan antibiotik sehingga harus dilakukan tindakan medis dengan sangat segera. Ciri-Ciri Kanker Payudara IBC adalah sebagai berikut:
  • Ukuran payudara mendadak membesar hanya dalam beberapa hari
  • Gatal-gatal pada bagian kulit payudara, terus menerus dan tidak bias sembuh dengan pil atau krim
  • Payudara berubah warna
  • Saat disentuh, payudara terasa hangat, lebih keras dan lebih kencang dari biasanya
  • Kadang-kadang timbul rasa sakit
  • Terjadi perubahan tekstur pada kulit dan menjadi mirip dengan kulit jeruk
  • Payudara menjadi borok (tahap akhir dari IBC)
Beberapa penelitian mengungkapkan wanita perokok rentan terkena kanker payudara saat memasuki masa menopause. Sampai saat ini penyebab kanker payudara masih sebatas indikasi, artinya belum diketahui secara jelas apa penyebab kanker ini bisa muncul dalam tubuh seorang wanita.

Gejala Kekambuhan Kanker Payudara

Kanker Payudara walaupun sudah di angkat dan dianggap sembuh tetap bisa kambuh lagi. Kekambuhan kanker payudara terbagi atas 3 yaitu lokal, regional dan distan (jauh). Kambuh lokal adalah kanker payudara yang kembali kambuh setelah pengobatan dan bersarang di dekat lokasi awal. Kambuh regional biasanya muncul di dalam otot-otot dinding dada, atau pada kelenjar getah bening yang terletak di bawah tulang dada, tepat di atas tulang selangka, dan sekitar leher. Kambuh Distan memiliki efek yang sama dengan kanker payudara metastatik, dimana sel kanker menyerang bagian tubuh lain selain payudara.
{/mooblock}
{mooblock=10 Tips Mencegah Kanker Payudara}
Kanker payudara adalah jenis kanker yang ditakuti kaum wanita. Di Inggris, satu dari delapan wanita mengidap kanker payudara dan akan terus bertambah jika tidak dilakukan usaha pencegahan sedini mungkin.
Usaha-usaha pencegahan kanker payudara meliputi perubahan gaya hidup, menghindari pemicu dan mengkonsumsi nutrisi yang menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.
Kanker payudara umumnya diderita oleh wanita pasca menopause yang ketika masih muda menjalani gaya hidup tidak sehat. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka usaha pencegahan terjadinya kanker payudara dikemudian hari seharusnya dimulai saat ini juga.
Berikut ini 10 tips mencegah kanker payudara yang direkomendasikan para dokter sebagaimana dikutip dari situs womenhealth:
  • Memperbanyak konsumsi sayuran hijau.
  • Membatasi mengkonsumsi daging merah.
  • Hindari daging olahan.
  • Melakukan aktifitas fisik secara aktif setiap hari selama 30 menit.
  • Usahakan berat badan tetap ideal dan sehat.
  • Mengurangi konsumsi gula.
  • Makan 2 saji sayuran cruciferous dapat membantu mengatasi kadar estrogen berlebihan yang dikaitkan dengan kanker payudara.
  • Kembang kol mengandung senyawa detoksifikasi anti kanker yang mengikat estrogen dan membantu mengeliminasi dari tubuh.
  • Sel kanker menyukai zat gula, dengan olahraga secara teratur gula darah akan terbakar yang membuat sel kanker tidak mendapat nutrisi.
  • Abaikan setiap muncul keinginan untuk mengkonsumsi gula, sebaiknya gunakan kayu manis untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh secara alami.
Sampai hari ini penyebab kanker payudara secara pasti belum ditemukan tetapi secara umum para ahli medis sepakat bahwa gaya hidup, pola makan tidak sehat dan adanya 3 gen tertentu dalam tubuh yang menjadi penyebab kanker payudara. Karena itu pencegahan kanker payudara sebaiknya dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mengurangi konsumsi daging, makan dengan waktu yang teratur dan aktif berolahraga.
{/mooblock}
{mooblock=Obati Kanker Payudara Dengan Konsumsi Buah-Buahan}
Kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang jaringan payudara wanita. Meskipun beberapa kasus menunjukkan bahwa kanker ini juga menyerang kaum pria tapi dari statistik diketahui bahwa kanker ini pada umumnya menyerang kaum wanita. Ada banyak macam penyebab kanker payudara diantaranya karena faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat.
Seperti halnya jenis kanker lainnya, gejala kanker payudara baru akan muncul dan disadari penderita setelah sel kanker berkembang menjadi tidak terkendali.
5 Jenis Makanan Penyebab Kanker PayudaraPengobatan medis kanker payudara biasanya melalui pembedahan langsung pada payudara dan dilanjutkan dengan kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker. Selain itu, banyak juga penderita yang menggunakan metode pengobatan alternatif kanker payudara misalnya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan tanaman obat tradisional.
Saat ini setidaknya ada tiga jenis buah yang dianggap mampu mengobati kanker payudara yaitu buah manggis, sirsak, dan buah mahkota. Mari kita bahas satu per satu.
1. Kulit Buah Manggis
Buah manggis memiliki kandungan mineral yang tinggi dan sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit buah manggis memiliki kandungan senyawa xanthone sebanyak 40% , senyawa ini berguna untuk memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak.
Buah manggis juga adalah jenis antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah manggis mampu mengobati kanker payudara. Manfaat lain dari senyawa xanthone yang terdapat di bagian kulit adalah untuk menurunkan berat badan.
2. Buah Sirsak
Nama buah sirsak berasal dari bahasa Belanda “zuur zak” yang berarti buah asam. Sirsak bisa disebut buah kesehatan karena seluruh bagian dari buah sirsak mulai dari bunga, daun, kulit, akar dan buahnya sendiri sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Di awal tahun 90-an, sebuah penelitian menemukan adanya 34 jenis senyawa cytotoxic di daun buah sirsak. Senyawa-senyawa tersebut memiliki manfaat untuk membunuh sel-sel tubuh yang mengalami pertumbuhan tidak normal atau kanker.
Daun sirsak mengandung zat annonaceous acetogenins yang 10.000 kali lebih kuat dalam membunuh sel-sel kanker payudara daripada pengobatan medis. Zat annonaceous acetogenins ini dapat membunuh banyak jenis kanker lainnya seperti kanker usus, paru-paru, payudara dan pankreas tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat.
Disarankan berkonsultasi ke terapis atau dokter sebelum melakukan pengobatan kanker payudara dengan mengkonsumsi buah sirsak untuk menghindari efek alergi atau efek terbalik dari obat yang sudah anda konsumsi.
3. Buah Mahkota Dewa
Karena khasiatnya yang sangat luar biasa, tanaman ini disebut mahkota dewa. Berasal dari Papua dan mengandung banyak senyawa alkaloid, saponin, dan flavonoid. Daun mahkota dewa juga mengandung senyawa polifenol yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Penelitian menunjukkan bahwa tanaman mahkota dewa dapat mengobati kanker payudara, darah tinggi, jantung, dan lain-lain. Untuk sembuh dari kanker payudara, minumlah ramuan buah mahkota dewa yang ditambah kapsul ramuan daun dewa serta umbinya selama tiga bulan setiap hari.
Daging buah mahkota dewa memiliki antioksidan yang bisa mengobati kanker. Setelah mengkonsumi tanaman mahkota dewa secara rutin, banyak penderita kanker payudara yang merasakan sakit dan benjolan di payudaranya hilang.
Selain mengobati kanker payudara, ekstrak mahkota dewa juga dapat menghambat pertumbuhan sel leukemia sampai dengan 50% setelah masa inkubasi 48 jam.
Sesunguhnya alam selalu menyediakan apa-apa saja kebutuhan manusia, dari makanan sampai dengan obat-obatan untuk kesembuhan. Kanker payudara adalah jenis kanker yang timbul akibat sel-sel yang mengalami pertumbuhan tidak normal.
Sel-sel tubuh berkembang menjadi tidak normal karena gaya hidup tidak sehat. Karena itu usaha untuk mencegah kanker payudara haruslah dimulai dengan menjaga kesehatan selagi muda, hidup seimbang dan tidak berperilaku hidup yang dapat memicu kanker payudara.

Menurut Pandangan Ilsam
Riset-riset dan studi-studi tentang manfaat menyusui secara alami (ASI) masih terus berlangsung, Subhanallahu! Manusia merasa heran dan kagum terhadap air susu alami ini, yang Allah telah anugerahkan untuk anak-anak (bayi) .
Sebuah penelitian ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa menyusui secara alami, sangat membantu dalam mengurangi risiko kanker payudara di kalangan para wanita yang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini. Penelitian yang telah dilakukan terhadap lebih dari 60 ribu wanita ini menjelaskan bahwa menyusui anak (bayi) selama jangka waktu tiga bulan, setara dengan mengonsumsi obat yang telah dikenal untuk mencegah penyakit ini (kanker payudara) dan (obat itu) bernama “tamoxifen” selama lima tahun.
Dr Ellison M. Stoib dari University of North Carolina, yang melakukan penelitian ini berkata:” Pengobatan yang kami persembahkan untuk para wanita yang memiliki risiko kanker payudara adalah “Tamoxifen”, sebagai pencegahan/perlindungan dari kanker payudara”.
Dia menambahkan:“Akan tetapi studi ini telah memberikan kabar gembira bagi wanita yang memiliki riwayat penyakit ini dalam keluarganya, dan bagi wanita yang ingin mengurangi risiko terjangkit penyakit ini.”
Stoib mengisyaratkan bahwa banyak dari para peneliti yang dahulu menghubungkan antara menyusui secara alami dengan berkurangnya risiko penyakit ini. Namun hasil-hasil ini berasal dari penelitian-penelitian yang secara mendasar bersandar pada ingatan para wanita yang terdaftar dalam riset tersebut.
Para peneliti menemukan bahwa menyusui secara alami (dengan ASI) tidak mengurangi resiko terjangkitnya penyakit ini pada wanita yang tidak memiliki riwayat penyakit ini dari sisi keluarganya. Adapun wanita yang saudara perempuannya, atau ibunya atau putrinya terjangkit penyakit ini, maka menyusui secara alami mengurangi risiko terjangkit penyakit ini sebesar 59 persen. Sebuah persentase yang lebih tinggi dari persentase yang dicapai dengan mengonsumsi tamoxifen selama lima tahun, pada keadaan wanita yang sama. Karena obat tersebut (Tamoxifen) hanya mengurangi resiko terjangkitnya penyakit ini sebesar 50 persen saja.
Saudaraku yang kami cintai karena Allah! Ada ratusan studi yang menguatkan bahwa menyusui secara alami (dengan ASI) lebih baik daripada susu sapi bagi bayi. Dan pada hari ini datang penelitian-penelitian untuk membuktikan manfaat menyusui secara alami (ASI) bagi ibu dan manfaatnya dalam memberikan perlindungan dari kanker payudara, yaitu suatu penyakit yang telah menyebar secara luas akhir-akhir ini.
Dari sini kita mengetahui kenapa al-Quran memerintahkan para ibu untuk menyusui anak-anak mereka, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
(وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ) [البقرة: 233].
”Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan pernyusuan….”(QS. Al-Baqarah: 233)
Dan bahkan, dalam keadaan ibu tersebut tidak mampu untuk menyusui anaknya atau dalam keadaan terjadi permasalahan keluarga antara suami isteri, Allah tidak memerintahkan kita untuk memberi anak kita susu sapi misalnya. Akan tetapi Dia memerintahkan kita untuk menyusukannya kepada wanita lain. Dia Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
(وَإِنْ تَعَاسَرْتُمْ فَسَتُرْضِعُ لَهُ أُخْرَى) [الطلاق: 6].
”…Dan jika kalian menemui kesulitan (tidak bersepakat dalam malah penyusuan anak tersebut) maka hendaklah perempuan lain menyusuinya (anak itu).”(QS. Ath-Thalaq: 6)
Dan ini mengajak kita untuk merenungkan/memikirkan ajaran-ajaran Islam, dan membandingkannya dengan ajaran “ateisme” yang tidak memberikan kepada penganutnya kebaikan sedikitpun. Yang mana kita mendapati bahwa Islam menginginkan kebaikan di dunia dan akhirat bagi orang-orang yang beriman.
Renungan Keimanan
Ada sesuatu yang menyita perhatianku, yang jarang kita berpikir tentang hal ini. Seandainya kita melihat kemajuan besar di dalam teknologi pangan/gizi dan kita melihat teknik yang baru dan menakjubkan dalam industri susu, kita mendapatkan bahwa teknik ini lemah tak berdaya di hadapan susu yang dikaruniakan oleh Allah untuk anak-anak dari payudara ibu mereka.
Para ilmuwan menyatakan secara tegas bahwa jenis susu terbaik adalah air susu ibu, dan bahwasanya tidak mungkin untuk meniru susu ini, secanggih apa pun teknik dan perangkat yang digunakan. Di sini kami teringat firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
(هَذَا خَلْقُ اللَّهِ فَأَرُونِي مَاذَا خَلَقَ الَّذِينَ مِنْ دُونِهِ بَلِ الظَّالِمُونَ فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ) [لقمان: 11].
”Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan (mu) selain Allah.Sebenarnya orang-orang yang zalim itu berada di dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Luqman: 11)
Dan kami katakan kepada semua saudaraku yang merasakan kesempitan dunia:” Allah telah mengirimkan untukmu jenis makanan terbaik, ketika anda masih bayi, lemah, tidak mampu untuk melakukan apapun, dan tidak bisa mengatakan apapun. Maka apakah Sang Pencipta Yang Mahaagung ini akan melupakanmu padahal engkau mengatakan:” Ya Allah!” Oleh karena itu, wahai saudara-saudaraku tercinta janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah, dari rizki dan karunia-Nya. Padahal Dialah yang berfirman:
(وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا * وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا) [الطلاق: 2-3].
”…Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu…”(QS. Ath-Thalaq: 2-3)
 
sumber:
http://www.fiqhislam.com/index.php?option=com_content&view=article&id=26597&Itemid=263
http://www.alsofwa.com/21066/cegah-kanker-payudara-dengan-menyusui.html 

0 comments:

Post a Comment