Rosella, Si Merah Nan Cantik Yang Berkhasiat


Warnanya memang mencolok, bentuknya cantik sesuai dengan namanya, Rosella! Bunga yang sering kita temukan ini memiliki khasiat yang luar biasa. Rasanya memng masam tapi khasiatnya sangat legit!
Sekarang, seiring teknologi yang kian berkembang kita dapat mengonsumsi Rosella ini dalam berbagai macam produk olahan berupa teh dan dapat pula dijadikan jus.
Tanaman ini dikenal dalam berbagai nama, seperti jamaican sorell (India Barat), oseille rouge (Prancis), quimbombo chino (Spanyol), karkade (Afrika Utara), dan bisap (Senegal) sedangkan di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal sebagai hijau mrambos (Jawa Tengah), Asam Jarot (Padang), Asam Rejang (Muara Enim), dll.
Bunga Rosella (HibiscusSabdariffa) mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2 di setiap 100 gram. Kalsium dalam bunga Rosella sangat tinggi sekitar 486 mg / 100 gr. Bunga Rosella juga mengandung Magnesium, Omega 3, Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Caroteen dan Asam Esensial. Dengan komposisi yang lengkap, bunga rosella memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Menurut penelitian, antioksidan yang terkandung dalam bunga rosela lebih tinggi daripada antioksidan yang berada di kumis kucing. Rosella ini  yang telah terbukti secara klinis mampu memecahkan batu ginjal.
Hasil penelitian menemukan anthocyanin 51% dan 24% anti-oksidan yang terkandung dalam bunga rosella dapat menghambat dan membunuh sel kanker atau leukemia. Selain itu, secara tradisional sudah banyak orang yang menggunakan  bunga rosella untuk pengobatan darah tinggi, jantung dan saraf. Untuk para penderita kaku pada leher jika meminum rosella yang dikeringkan dan dilarutkan dalam air sebanyak 300 ml secara teratur, maka dari waktu ke waktu penyakit tersebut akan hilang. Tubuh menjadi bugar dan tidur pun akan nyenyak.
Bewrikut ini adalah seribu manfaat Rosella yang wajib kita ketahui:
§  Red Rosella dapat meningkatkan stamina dan daya tahan, serta mencegah dan mengobati impotensi.
§  Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam rosella dapat mengurangi radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker.
§  Dapat memperbaikan pengolahan pencernaan, mencegah peradangan pada saluran kemih dan ginjal.
§  Mengurangi tekanan darah, gula darah, kekurangan darah, asam urat dan kolesterol tubuh.
§  Dapat menyembuhkan batuk, sariawan dan sakit tenggorokan.
§  Mampu mengurangi migrain.
§  Dapat menghaluskan kulit dan mengurangi penuaan.
§  Menyembuhkan luka dari gigitan serangga.
§  Mempertahankan kejang.
§  Khusus untuk anak-anak, rosella dapat memacu pertumbuhan DHA karena mengandung Omega 3.
§  Detoksifikasi (menetralkan racun), sangat membantu pecandu rokok yang dapat mengurangi dampak negatif dari ketergantungan nikotin dan berguna untuk mengurangi obat.
Setiap penyakit pasti ada obatnya jika kita mau kembali ke alam!

Comments

Popular posts from this blog

KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2013 2014 JAWA TIMUR